Selasa, 28 Januari 2014

CIRI CIRI WANITA YG SEDANG HAMIL


Banyak ibu hamil yang tidak menyadari bahwa dia hamil . Hal ini karena mereka tidak tahu apa karakteristik atau tanda-tanda jika seorang wanita hamil. Bagi perempuan dan ibu hamil yang sedang menunggu kehadiran bayi.
Berikut ini adalah tanda-tanda dan ciri-ciri wanita yang sedang hamil :
1. Mual
Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Mual terjadi karena peningkatan hormon HCG (human chorionic gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG menyebabkan efek yang menyakitkan pada lapisan perut, menyebabkan mual. Biasanya mual akan hilang ketika Anda memasuki trimester kedua kehamilan.

2. Peka terhadap bau
Sama seperti mual, gejala juga sensitif terhadap bau salah satu tanda umum kehamilan. Beberapa peneliti menduga bahwa fenomena ini terjadi tidak mudah bagi wanita hamil untuk makan sembarangan, sehingga melindungi bayi Anda dari racun berbahaya.
3. Periode tidak terjawab
Salah satu tanda yang paling jelas dari kehamilan adalah periode terjawab. Namun, tidak semua keterlambatan didefinisikan sebagai kehamilan. Anda bisa memiliki periode Anda terlambat karena stres, diet atau gangguan hormonal.
4. Sering buang air kecil dan sembelit
Ketika Anda hamil, janin berkembang di dalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil akan meningkat. Kandung kemih penuh dengan urine juga lebih cepat dan keinginan untuk buang air kecil lebih sering. Tidak hanya buang air kecil, wanita hamil juga mengalami sembelit. Sembelit terjadi karena peningkatan hormon progesteron. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.
5. Bengkak dan payudara
Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Pada awal kehamilan, payudara Anda akan mengisi dan berubah bentuk karena mereka mempersiapkan diri untuk menghasilkan susu. Payudara bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan.
6. Areola Darker
Bagi banyak wanita, perubahan hormon dapat menyebabkan perubahan dalam areola (lingkaran sekitar puting). Areola akan menjadi lebih luas dan lebih gelap pada wanita hamil. Ini adalah tanda bahwa payudara sedang mempersiapkan untuk menyusui.
7. Bercak
Biasanya 5-10 hari setelah pembuahan, beberapa wanita akan timbul seperti bintik-bintik darah menstruasi. Bintik-bintik darah tidak berarti sesuatu yang buruk, karena hal itu bisa saja karena efek dari menempelnya embrio pada dinding rahim.
8. Mudah lelah
Pada awal kehamilan, Anda akan merasa mudah lelah. Tampaknya Anda hanya ingin bermalas-malasan di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan ciptaan baru.
9. Sakit kepala
Wanita hamil sering mengalami pusing dan sakit kepala. Kedua hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti kelelahan, mual, lapar dan tekanan darah rendah. Tapi tidak semua wanita hamil merasakan keluhan. Bahkan ada adalah sakit kepala dan pusing berkurang secara signifikan selama kehamilan.

0 komentar:

Posting Komentar

TAUTAN TERKAIT

SPONSOR4

 
Copyright © BUDISUJADMIKO | Design by BUDISUJADMIKO Coach | Powered by Blogger